HAB Ke-76 Kemenag Buleleng Berlangsung Khidmat

Pergunubali |Buleleng. Upacara Puncak Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-76 oleh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng berlangsung khidmat di halaman depan kantor. HAB ke-76 ini menunjukkan bahwa sejak 3 Februari 1946 sampai dengan 3 Januari 2022 Kemenag RI telah banyak berkontribusi untuk kemajuan pelayanan terhadap ummat dan bangsa, Pada HAB tahun 2022 ini mengambil tema sekaligus sebagai tag line “transformasi layanan ummat’.(3/1)

HAB ke 76 Keluarga Besar Kemenag Buleleng (dok. Sahrul)

Artinya, perubahan zaman dari era masa lalu menuju era digital dan tantangan kehidupan beragama yang beragam, maka perlu momentum untuk melakukan akselerasi dalam bentuk transformasi atas informasi, inovasi dan termasuk layanan di dalamnya. Transformasi yang dimaksud juga meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Bertindak sebagai pembina adalah Kepala Kantor Made Subawa, S.E., MPd. Pemimpin Upacara Ketut Ariawan, SH. (Kasi Urah), Pembaca sejarah Kementerian Drs. Made Sarjana (Kasubag TU) pembaca teks Panca Prasetya Korpri Lina Surayya, SSi.MPd (JFU Pendis) dan Pembaca teks Pembukaan UUD 1945 Nengah Noviatun (JFU PHU).

Kepala Kantor Made Subawa, S.E., MPd.

Tampak hadir Para Kasi/Penyelenggara, Fungsional Penghulu/KUA, perwakilan dari unsur Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Buleleng, JFU/Pramu, Fungsional Pengawas/ penyuluh, GPAI, GTK Madrasah, PNS Purnabakti juga para juara "Badminton Pendis cup" serangkaian HAB ke-76.

Dalam sambutannya Subawa menyampaikan teks sambutan Menteri Agama RI. Bahwa Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya. Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi. Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya.

Acara berjalan lancar dan khidmat di bawah cuaca mendung seolah langit ikut memberi ucapan dan iringan do'a atas ulang tahun Kementerian Agama RI yang ke-76.

Diujung sambutan menegaskan bahwa agama harus dijadikan sebagai spirit/inspirasi. Agama sebagai penggerak daya kreativitas. Selain itu, semua warga Kemenag harus memiliki komitmen terhadap Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Sebagai afirmasi para pihak tampak ucapan selamat dan karangan bunga juga terlihat berderet dari PC Pergunu Buleleng, KCP Bank Syariah Indonesia (BSI), CV New Perkasa, CV Widya Counsultan dan Kancab BRI Singaraja

Kasi Pendis buleleng H. Lewa Karma M.Pd beserta staf kemenag buleleng (dok.sahrul) 

perwakilan dari unsur Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Buleleng


Sumber : Lewa karma
Editor : Sahrul muharrom

Posting Komentar

0 Komentar