Pergunu Siap Berkolaborasi dengan LP Ma’arif Wujudkan Guru Indonesia Unggul dan Berdaya Saing

Pergunu Bali

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU yang digelar di Gedung Pascasarjana KH Abdurrahman Wahid Unisma Malang telah menghasilkan beberapa rekomendasi yang telah disetujui. 

Ketua LP Ma’arif PBNU, Prof HM Ali Ramdhani berkesempatan membacakannya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui YouTube TVNU, Ahad (28/8/2022). Ada dua rekomendasi yang dihasilkan, yakni internal dan eksternal.

Ketua LP Ma'arif PBNU Prof HM Ali Ramdhani kiri, Wakil Ketua Pimpinan Pusat PERGUNU, Aris Adi Leksono

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Ahmad Zuhri mengatakan, pada rekomendasi internal terdapat beberapa poin yang beririsan dengan Pergunu baik secara langsung ataupun tidak langsung. Misalkan terkait poin pertama, tentang platform sistem pendidikan Nahdlatul Ulama. 

Wakil Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Pergunu Ken Zuhri kanan, bersama ketua LP Ma'arif PBNU 

Zuhri menilai, langkah ini strategis dalam rangka merespon tuntutan zaman, seperti halnya Pergunu yang sejauh ini sudah membuat sistem edutech platform gurumerdeka.org sehingga bisa dikolaborasikan.

“Karena di platform tersebut terdapat berbagai macam video dan modul metode pembelajaran penguatan paham Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyah,” tambahnya.

Kemudian, lanjut Zuhri, terkait cita-cita membuat Madrasah atau Sekolah model di setiap provinsi juga merupakan cita-cita Pergunu dengan mencetak guru-guru berkompetensi unggul sehingga mampu berkontribusi maksimal dalam pelaksanaan cita-cita tersebut.

Zuhri menegaskan, Pergunu menyambut bagus terkait gagasan membentuk Asosiasi Guru Ma’arif NU. Sesuai Undang-Undang Guru dan Dosen tahun 2014 memang sejatinya setiap guru diwajibkan menjadi anggota organisasi profesi guru. 

“Sangat menarik jika didalam tubuh Nahdlatul Ulama memiliki banyak Asosiasi Guru yang berbasis Mata Pelajaran sehingga membantu percepatan pengembangan SDM guru-guru Nahdlatul Ulama,” tandasnya. 

“Untuk mewujudkan gagasan tersebut Pergunu siap berkolaborasi dengan LP Ma’arif PBNU, karena mayoritas anggota Pergunu merupakan bagian tak terpisahkan dari LP Ma’arif NU,” lanjutnya.

“Pergunu juga berdoa agar Rekomendasi yang bersifat Eksternal dapat terwujud, semoga kedepan Pergunu bisa terus berkolaborasi dengan LP Ma’arif PBNU dalam mewujudkan cita-cita luhur pendidikan kita,” tutupnya.



Pewarta: H. Lewa Karma

Editor: Ali Mas'ud

Posting Komentar

0 Komentar